Qoidah yg ke 4
الضرر يزال
(bahaya dihilangkan) qoidah ini ngambl dr hadist rosul
لا ضرار ولا ضرار
(tdk blh mengambl hal yg membahaykn juga tdk blh membahaykn org laen )
Dari qoidah ada beberapa cabang
1.الضرورات تبيح المحظورات
Ad dururot tubihul mahdhurot..(hal yg membahayakn dapt membolehkan larangan)
Cnthnya..orang yg kelaperan di suatu tmpt dan hnya menemukan bangkai,maka boleh baginya makan bangkai tsb..demi mempertahankan hidupnya..
Cntoh laen..seseorng yg dipaksa untk isyrok billah..klo ngak dia akn dibunuh..maka bolh baginya untk mengucapkan kalimat isyrok,dengan catatan hatinya tetp dalm iman,spt yang dilakukan as_shohabil jalil ammar ibn yasir..
2.ما أبيح للضرورة يقدر بقدرها
Ma ubiyha lid dhoruroh yuqoddar biqodriha
(apa yg diperbolhkan krna bahaya,maka dikira2kan secukupnya)..
Spt orng yg makan bangkai karna dhoruroh..maka dia hanya diperbolehkan makan untk menguatkan punggungnya untk melanjtkan perjalanan,dan tdak bleh smpe kenyang..
Contoh laen pada cabng yg ke 2 dalm perilaku adalah..spt orng yg menceritakn kejelekan org laen,hukum asalnya harom krna itu "ghibah"...tp karna kebuthan spt "khitbah"...maka hukumnya menjadi blh tapi itupn hanya sekdarnya saja tdk lantas smwa d ceritakan kejelekan si "khotib" pada wali yg si "makhtubah"..
Juga Spt klo ada cewk sakt atw luka di tubuhnya yg termasuk aurat..n ga da dokter cewk yg bsa ngobatin kecuali dokter cowk..maka dokter tersebut bleh melihat anggota yg luka atw yg haruz d obati..tapi ga blh melibihi dari yg luka..
3.ما جاز لعذر بطل بزواله
Ma jaza li udzrin,bathola bizawalihi..(apa yg diperbolehkan krna bahaya,maka hilang kebolehannya dgn hilangnya bahaya tsb)..
Seperti tayammum..tayammum di perbolehkan krna adanya suatu udzur yaitu "tdk mendapatkan air"..maka disaat udzur itu hilang,maka hilang pula kebolehannya dan kmbali ke hukum asal..yaitu tdk sah sholat tnpa berwudhu..
4.الضرار لا يزال بالضرار
Ad dhoror la yuzalu bid dhoror..
(bahaya tdk dpt dicegah dgn mendatangkan bahaya yg laen)
Seperti ada 2orang (zed ma amr) yang kelaperan,dan yang punya makanan hanya 1org zed misalnya..maka amr ga blh ngambil makanan zed dgn dalil dia terdesak n terpaksa krna hampir mati.. Karna si amr pun dalm keadaan yang terdesak haruz makan..
5.إذا تعارض ضرورتان أخذ بأخفهما
Idza ta'arhodho dhorurotain,akhodza bi akhoffihima..
(klo ada 2 hal yg membahayakan,maka diambil yg palng ringan bahayanya)
Seperti..orang yg kelaperan (spt gambaran diatas tadi) dan dihadapnnya ada dua bangkai,
A.bangkai binatang yang boleh dimakan dagingnya spt kambing..
B.bangkai binatang yg harom dagingnya spt babi..
Maka dia ambl yg lbh ringn bahayanya,yaitu bangkai binatang yg blh di makan dagingnya..karna bangkai yg halal dagingnya lbh ringan dosanya dripada yg harom dagingnya..
6.دراء المفاسد مقدم على جلب المصالح
Dar'ul mafasid muqoddam 'ala jalbil masholih..
(mencegah bahaya didahulukn drpd mendatangkn kebaikan)
Seperti orang yg berkumur disaat puasa..
Hukum berkumur adalah sunnah dan kita menyebutnya adalah mashlahah..tapi apabila berkumur kmudian ada air yang masuk kedalam tenggorokan maka puasanya akan batal dan kita menyebutnya adalah mafsadah..maka disini,mencegah terjadinya batalnya puasa (mafsadah) yaitu dgn "tidak berkumur" lebih diutamakan daripada berkumur yang itu sunnah (mashlahah)
7.الحاجة تنزل منزلة الضرورة
Al hajah tanzil manzilatad dhoruroh..
(al hajah "kebuthan" kadang bsa menjadi doruroh)
Seperti orang yang jual beli dgn wanita,dia perlu"hajah" untk melihatnya..maka "hajah" disini disamakan dgn seseatu yg terdesak(dhoruroh) atw kepepet..oleh karna itu syari' membolehkan seorng penjual melihat wanita yg membeli darinya..
والله أعلم بالصواب...
Selasa, 21 April 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar